How shortwave radio is resurfacing as a tool in Ukraine - KESQ

How shortwave radio is resurfacing as a tool in Ukraine – KESQ

Oleh Joy Malbon dan Alexandra Mae Jones

Klik di sini untuk update cerita ini

Washington DC (Jaringan CTV) — Dalam dunia ponsel, satelit, dan internet, beberapa teknologi jadul kembali muncul secara besar-besaran. Radio gelombang pendek, yang digunakan oleh mata-mata selama beberapa dekade untuk mengirim pesan terenkripsi, sedang dibangkitkan untuk perang di Ukraina.

Menurut Dr. Andrew Hammond, kurator dan sejarawan di Washington, DC’s International Spy Museum, radio gelombang pendek “adalah alat klasik yang digunakan untuk spionase.

“Dengan radio gelombang pendek seperti ini, Anda dapat mengirimkan informasi melalui jarak yang sangat jauh,” katanya kepada CTV National News.

Tapi sekarang, beberapa dekade kemudian, gelombang pendek kembali digunakan.

Setelah Rusia menyerang menara komunikasi di Ukraina, BBC menjadi sekolah lama, menyiarkan layanan berita mereka pada frekuensi gelombang pendek untuk melawan propaganda Rusia tentang perang.

“BBC menggunakannya untuk mengirimkannya karena jauh lebih sulit untuk memblokir transmisi tersebut,” John Figliozzi, ahli radio gelombang pendek dan penulis buku ‘The Worldwide Listening Guide,’ mengatakan kepada CTV National News. “Ini adalah teknologi lama, tetapi berhasil.”

Digunakan di zona konflik, gelombang pendek tidak terlalu rumit dibandingkan jalur komunikasi lainnya, dan menyebar lebih jauh dari TV atau telepon seluler.

Gelombang radio adalah sinyal elektromagnetik yang dapat disiarkan dan disetel oleh orang lain dengan menyetel radio ke frekuensi yang benar, seperti menyetel radio mobil Anda ke saluran AM atau FM.

Radio gelombang pendek menyetel ke rentang frekuensi yang mencakup semua pita frekuensi tinggi, antara lain. Ketika transmisi gelombang pendek diarahkan pada sudut ke langit, mereka memantul dari lapisan atom di atmosfer yang disebut ionosfer, memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan di luar cakrawala, jauh lebih jauh daripada gelombang radio lain yang dibatasi karena harus mentransmisikan di garis lurus.

Selama beberapa bulan terakhir, penggemar radio amatir telah menggunakan gelombang pendek untuk menjemput tentara Rusia secara terbuka mendiskusikan rencana pertempuran. Pemrotes anti perang juga menggunakannya untuk ‘mengejar’ militer Rusia, dengan meledakkan lagu kebangsaan Ukraina atau mengganggu saluran mereka dengan cacing telinga yang mengganggu.

“Hanya dari kotak kecil ini,” kata Hammond. “Dan selama Perang Dingin, kotak kecil ini muncul dengan sendirinya.”

Sementara gelombang pendek digunakan kembali dalam Perang Dunia Pertama, itu menjadi lebih luas di era Perang Dingin, ketika AS dan Uni Soviet sangat berinvestasi dalam mendengar komunikasi rahasia satu sama lain dan menyembunyikan komunikasi mereka sendiri.

Gelombang pendek mengubah cara mata-mata berkomunikasi, mengirim pesan rahasia di stasiun nomor yang dilacak ke pemerintah di seluruh dunia.

Jika Anda menyetel ke salah satu stasiun angka ini pada waktu yang tepat, suara monoton yang misterius akan membacakan apa yang tampaknya merupakan angka acak.

Salah satu cara untuk memahami transmisi ini adalah dengan menggunakan kunci sandi yang disebut papan satu kali, yang memungkinkan penerima yang dituju untuk memecahkan kode tersebut.

Dan itu masih digunakan oleh mata-mata Rusia modern, termasuk tim suami dan istri yang telah menyamar sebagai orang Kanada selama dua dekade dan ditangkap di Boston pada 2010, menginspirasi serial hit, ‘The American’.

“Radio gelombang pendek tidak bisa dipecahkan,” kata Hammond. “Jadi, Anda tahu itu alat yang cukup kuat.”

Tapi bisakah gelombang pendek membuat perbedaan di Ukraina?

“Kamu tahu kebutuhan adalah ibu dari penemuan, kan?” kata Figliozzi. “Jika Anda perlu melewatinya, Anda akan mencoba apa saja.”

Mengirim sinyal dan mendengarkan — dengan alat dari masa lalu, terlahir kembali.

Harap diperhatikan: Konten ini membawa embargo pasar lokal yang ketat. Jika Anda berbagi pasar yang sama dengan kontributor artikel ini, Anda tidak boleh menggunakannya di platform apa pun.

Sonja Puzic

Source link

Check Also

RAC Canada Day Contest

RAC Canada Day Contest   Status: Active   Geographic Focus: Worldwide   Participation: Worldwide   …

ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 - ORARI

ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 – ORARI

View Fullscreen The post ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 appeared first on ORARI. Source link

Ketua Umum ORARI Membuka SES, Peringati HUT ke-40 Lokal Kabupaten Tangerang - ORARI

Ketua Umum ORARI Membuka SES, Peringati HUT ke-40 Lokal Kabupaten Tangerang – ORARI

Ketua Umum ORARI, Donny Imam Priambodo, membuka Spesial Event Station (SES) dalam rangka memperingati HUT …