Vintage Chicago Tribune: Tornadoes!!!

Vintage Chicago Tribune: Tornadoes!!!

Hari ini adalah peringatan 55 tahun wabah tornado paling mematikan yang melanda daerah kami, Chicago.

Pada 21 April 1967, setidaknya 10 tornado mendarat di Illinois utara. Yang paling parah terjadi di Belvidere, Oak Lawn dan Danau Zurich. Itu adalah badai terburuk dalam sejarah daerah itu: 58 orang tewas, termasuk banyak anak-anak, dan lebih dari 1.000 terluka.

Pimpinan dari cerita halaman depan di Chicago Tribune keesokan harinya menangkap kesedihan sebagian besar warga Chicago: “Ya Tuhan, mengapa ini terjadi.”

Trent Ford, ahli iklim negara bagian Illinois, memberi tahu saya bahwa bencana 1967 “menyumbang 60% dari semua kematian terkait tornado April di Illinois antara 1950 dan 2020, dan 25% dari semua kematian terkait tornado di Illinois selama periode waktu yang sama, terlepas dari bulan.”

Luar biasa, tapi itu meninggalkan saya dengan lebih banyak pertanyaan.

Bagaimana wabah tornado tahun 1967 terjadi? Kondisi apa yang membuat peristiwa itu begitu parah?

Ratzer: “Secara umum, ini adalah pengaturan cuaca buruk musim semi ‘klasik’. Itu dicirikan oleh area bertekanan rendah yang bergerak ke timur laut di sepanjang front stasioner melintasi Iowa timur dan barat laut Illinois. Bagian depan yang hangat memanjang ke timur dari yang rendah terangkat ke utara melintasi Illinois utara, dengan udara hangat/lembab di sepanjang dan selatan bagian depan memberikan kelembapan dan ketidakstabilan yang diperlukan untuk pengembangan badai petir yang kuat. Di tingkat atas atmosfer, angin barat-barat daya lebih dari 135 mph (tingkat aliran jet) dan gangguan tingkat menengah yang bergerak melintasi Midwest bagian atas berkontribusi baik pengangkatan atmosfer dalam skala besar untuk membantu perkembangan badai, tetapi juga vertikal dalam. geser angin (angin meningkat dan berputar dengan ketinggian). Geser angin ini, pada gilirannya, membantu menghasilkan apa yang dikenal sebagai badai petir ‘supercell’, di mana seluruh badai berputar ke atas yang menghasilkan badai yang sangat kuat yang juga cenderung menopang dirinya sendiri. Ini sering dapat menjadi penghasil tornado di sebagian besar Dataran, Midwest dan tenggara AS Jadi ketidakstabilan yang tersedia (udara hangat/lembab di dekat permukaan dan udara yang lebih dingin di atas), dan geseran angin yang signifikan adalah yang membedakan jenis badai penghasil tornado ini. dari badai yang lebih lemah.”

(Untuk membaca lebih lanjut tentang acara ini, lihat sinopsis ini dari Layanan Cuaca Nasional.)

Apakah ada pelajaran yang dipetik dari peristiwa tertentu yang membantu prediksi cuaca buruk hari ini?

Ratzer: “Ya. Wabah besar seperti yang terjadi pada bulan April 1967 sering menjadi katalisator untuk kemajuan pesat dalam ilmu pengetahuan dan metodologi untuk meramalkan dan menanggapi bencana tersebut:

  • Beberapa di antaranya termasuk Layanan Cuaca Nasional sistem peringatan dan jam tangan tornado (“perkiraan” tornado diubah menjadi “waspada” tornado setelah wabah ini).
  • Sirene Pertahanan Sipil Luar Ruangan digunakan kembali untuk digunakan sebagai sirene peringatan tornado luar ruangan (Catatan Editor: Ini adalah yang Anda dengar di 10:00 pada hari Selasa pertama setiap bulan). Layanan Cuaca Nasional (Itu adalah Biro Cuaca AS pada tahun 1967) menyerukan penekanan yang lebih besar pada pembuatan jaringan pengintai cuaca buruk, yang akhirnya berkembang menjadi jaringan modern. SKYWARN organisasi dengan pendidikan berkelanjutan untuk pengintai, operator radio amatir dan manajer darurat.
  • Layanan Cuaca Nasional juga menekankan perlunya peningkatan infrastruktur, yang mengarah pada terciptanya Layanan Kawat Cuaca Nasional (NOAA Weather Wire) yang memungkinkan penyebaran cepat informasi cuaca dan peringatan badai kepada media dan manajer darurat.

“Tentu saja, keadaan ilmu meteorologi telah berkembang secara signifikan selama 55 tahun terakhir juga.

  • Kami telah secara signifikan meningkatkan pemahaman kami tentang perkembangan badai petir, evolusi, efek dari lingkungan dekat badai dan bagaimana tornado terbentuk.
  • Kami telah beralih dari peringatan berbasis kabupaten besar ke peringatan berbasis badai, dan melakukan pelatihan peramal yang ekstensif. Teknologi radar cuaca juga telah maju, dengan modern radar doppler (tersedia untuk Layanan Cuaca Nasional di Chicago sejak pertengahan 1990-an) yang benar-benar dapat mendeteksi rotasi dan angin kencang dalam badai yang tidak mungkin dilakukan dengan peralatan yang tersedia pada 1960-an.
  • Resolusi yang lebih tinggi dan citra satelit yang lebih sering tersedia juga membantu kami memantau perkembangan badai jauh lebih dekat daripada teknologi di masa lalu.”

Apakah khas daerah Chicago mengalami tornado di bulan April?

Ratzer: “Ya. Tornado dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun, dengan kombinasi bahan yang tepat seperti yang diuraikan dalam jawaban saya untuk pertanyaan pertama Anda. Musim tornado kami di puncak Chicago pada musim semi dan awal musim panas. April, Mei, dan Juni secara klimatologis merupakan bulan-bulan dengan jumlah tornado terbesar di wilayah Chicago.”

Periksa @vintagetribune di Instagram dan ikuti kami @vintageribune di Twitter.

Jika Anda menyukai apa yang Anda baca di sini, maka dukung kolega Chicago Tribune saya — langganan digital itu adil satu sen sehari selama enam bulan cerita, foto, dan wawasan.

Sampai jumpa minggu depan!

– Kori Rumoure, reporter visual

sejarah Chicago | Lebih banyak buletin | Teka-teki & Game | Edisi eNewspaper hari ini

Meskipun dikenal sebagai Kota Berangin, Chicago telah mengembangkan reputasi palsu sebagai kota yang tahan terhadap tornado.

Baca Selengkapnya >>>

Sementara Oak Lawn dan Belvidere terkena dampak paling parah pada 21 April 1967, hampir seluruh wilayah metro merasakan murka angin puting beliung, dari Evergreen Park dan Palos Hills di selatan, Stone Park dan Jenewa di barat, dan Barrington dan Danau Zurich ke Utara.

Lihat foto dari Oak Lawn >>>

Lihat foto dari Belvidere >>>

Dianggap sebagai tornado tunggal paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat, perkiraan ini EF5 tornado menghasilkan angin setidaknya 200 mph. Itu mendarat pada pukul 13:01 di dekat Ellington, Mo., kemudian tetap di tanah sejauh 219 mil melalui Illinois selatan dan Indiana barat daya. “Saat itu hampir senja sebelum menerima pukulan terakhirnya yang ganas,” Tribun melaporkan hari berikutnya. Ada 695 kematian (setidaknya 600 di antaranya berada di Illinois), lebih dari 2.000 orang terluka dan lebih dari 15.000 rumah hancur, menurut laporan tersebut. Layanan Cuaca Nasional.

Tribun Chicago antik

Tribun Chicago antik

Mingguan

Buletin Vintage Tribune menyelami arsip Chicago Tribune yang menampilkan foto dan cerita tentang orang, tempat, dan peristiwa yang membentuk masa lalu, sekarang, dan masa depan kota.

Lihat foto lainnya >>>

Itu EF5 tornado mendarat di luar Oswego sekitar pukul 15:15, menghantam Plainfield dan menderu ke arah Joliet. Tiga puluh menit kemudian, selesai. Secara keseluruhan, 29 orang tewas dan sedikitnya 300 lainnya terluka, dan 1.500 bangunan rusak atau hancur, menurut laporan tersebut Layanan Cuaca Nasional.

Lihat foto lainnya >>>

Kemajuan teknologi, serta perbaikan dalam komunikasi yang datang sebagai tanggapan langsung terhadap tragedi Plainfield 1990, membuat tornado sebesar ini tidak mungkin terjadi lagi dengan begitu sedikit peringatan, kata pakar cuaca.

Tetapi mereka mengatakan itu seharusnya tidak terjadi sejak awal.

Baca Selengkapnya >>>

Daftar untuk menerima Buletin Vintage Chicago Tribune untuk lebih banyak foto dan cerita dari masa lalu kota dan arsip Tribune.

Source link

Check Also

RAC Canada Day Contest

RAC Canada Day Contest   Status: Active   Geographic Focus: Worldwide   Participation: Worldwide   …

ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 - ORARI

ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 – ORARI

View Fullscreen The post ORARI ANNIVERSARY AWARD 2022 appeared first on ORARI. Source link

Ketua Umum ORARI Membuka SES, Peringati HUT ke-40 Lokal Kabupaten Tangerang - ORARI

Ketua Umum ORARI Membuka SES, Peringati HUT ke-40 Lokal Kabupaten Tangerang – ORARI

Ketua Umum ORARI, Donny Imam Priambodo, membuka Spesial Event Station (SES) dalam rangka memperingati HUT …