Kerjakan Dunia Pada A 555

Selama bertahun-tahun yang rendah hati 555 pengatur waktu telah digunakan di banyak tempat tak terduga, tapi ada proyek dari [Frank Latos] yang menurut kami mungkin yang pertama.

Pada selembar stripboard duduk sepasang 555, dan alih-alih pasif biasa ada satu set sirkuit LC. Ini bukan pengatur waktu, melainkan pemancar CW (Morse) untuk pita radio amatir 80 meter.

Satu 555 dikonfigurasi sebagai osilator umpan balik melalui transformator toroidal dengan sirkuit yang disetel untuk mengatur frekuensi osilasi. Yang lain mengambil input terbalik dari osilator untuk menghasilkan output push-pull gratis dari kedua 555s, yang diumpankan ke transformator lain yang pada gilirannya mengumpankan filter low-pass dan dengan demikian antena.

Osilator gelombang persegi yang berjalan bebas dari jenis ini tidak biasa untuk pita HF yang lebih rendah, tetapi kami pikir ini adalah desain 555 pertama yang kami lihat. Seperti yang ditunjukkan, itu tidak menghasilkan banyak daya RF, tetapi mengingat driver motor yang setengah layak menggunakan timer ganda 556, kami berpikir bahwa pemilihan salah satu dari varian 555 yang lebih kuat mungkin memberikan pukulan lebih. Kami memuji kreativitasnya, dan berharap dia bisa mendapatkan entri yang sangat penting di log untuk membuktikan bahwa itu berhasil.

Jika Anda ingin tahu tentang pengoperasian radio berdaya rendah, ini adalah sesuatu yang telah kami jelajahi sebelumnya.

https://hackaday.com/2022/01/13/work-the-world-on-a-555/


Source link

Check Also

CQ WW WPX Contest, CW

CQ WW WPX Contest, CW   Status: Active   Geographic Focus: Worldwide   Participation: Worldwide …

Lisa Chesters thanks electorate for support, looks to future

Lisa Chesters thanks electorate for support, looks to future

KEMENANGAN: Anggota parlemen Buruh Bendigo merayakan mempertahankan pemilih federalnya di Bendigo Trades Hall. Gambar: TIDAK …

We are calling Bendigo for Labor in the 2022 election

We are calling Bendigo for Labor in the 2022 election

Kami memanggil Bendigo untuk Buruh dalam pemilihan 2022 (19.40:) Dengan hampir setengah dari suara Bendigo …